Simak! 8 Cara Mengatasi Muka Kering - Geut

muka kering, cara mengatasi muka kering, skincare, produk skincare

Simak! 8 Cara Mengatasi Muka Kering

Hallo GeutPeople, Gimana kabarnya hari ini? Semoga baik-baik saja ya! Pada kesempatan kali ini Geut Journal akan membahas seputar 8 cara mengatasi muka kering. Pastinya pada artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mengalami muka kering. 


Menurut Mayo Clinic, muka kering disebabkan oleh ketika kulit kehilangan atau tidak cukup memproduksi minyak alami atau sebum yang cukup untuk menghidrasi dan melindungi kulit. Kulit pun jadi terasa kering, mengelupas, hingga muncul ruam. 


Nah cara mengatasi muka kering ini berbagai macam. Pastinya, akan bermanfaat untuk kamu yang ingin lebih mengetahui hal tersebut berikut ulasannya.

  • 1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengatasi muka kering yang pertama adalah dengan memenuhi asupan minum air putih yang cukup. Hal ini pastinya sangat mudah untuk kamu lakukan. Air putih kaya akan manfaat yang bisa kamu dapatkan.


Air putih juga membantu pertumbuhan kulit kamu lebih baik dan melembabkan kulit secara alami. Karena hal tersebut pastinya akan menjadi salah satu cara mengatasi muka kering yang sehat dan alami.


Biasakan untuk meminum 8 - 9 gelas dalam sehari (1,5 - 2 L), Hal tersebut pastinya membantu kamu juga untuk mengatasi sel-sel kulit mati ditubuh dan wajah kamu. Kulit kamu akan terhindar dari dehidrasi kulit berlebih. Karena air putih mengandung silika yang baik untuk kulit kamu agar tidak cepat kering.


Wah khasiatnya banyak sekali bukan, Kalo GeutPeople sendiri sudah minum air putih belum untuk hari ini?

  • 2. Makan Buah dan Sayur secara Rutin

Mengkonsumsi buah - buahan dan sayuran secara rutin adalah cara kedua untuk mengatasi muka kering. Hal ini bisa menjadi solusi kamu yang terbaik untuk proses yang cepat dan tepat.


Buah dan sayuran memiliki serat yang tinggi sehingga mereka ini akan membantu kamu mempertahankan kesehatan kulit dalam jangka waktu yang lama.  Pastinya, kulit yang cerah juga dipenuhi dengan asupan buah dan sayuran yang bergizi. Hal ini dapat menyebabkan kesehatan kulit kamu lebih terjaga dengan baik.


Kamu bisa mengkonsumsi buah seperti berry, alpukat, jeruk atau sayuran seperti ubi jalar, tomat dan sebagainya yang memiliki kolagen yang tinggi. Hal ini dikarenakan kolagen merupakan komponen penting pada lapisan dermis pada kulit, sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein ini agar kulit tetap mulus. Selain itu, kolagen memiliki efek anti aging yang mampu mengencangkan kulit dengan cara yang tepat.


Nah adapun buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan wajah seperti kiwi, pisang, alpukat, seledri, dan sebagainya. Yuk untuk para GeutPeople rajin untuk mengkonsumsi buah dan sayuran tiap hari ya!

  • 3. Olahraga 

Olahraga dapat menjadi cara mengatasi muka kering yang ketiga, karena aktivitas yang satu ini sangat dinamis. Hasil keringat dari olahraga tersebut bisa menjadi salah satu manfaat yang alami untuk mengatasi kulit yang kering.


Pada saat berolahraga tubuh kamu akan mengeluarkan hormon serotonin dan endorfin yang dapat merilekskan tubuh serta keringat yang kamu keluarkan akan membersihkan kotoran yang menempel pada kulit. 


GeutPeople yang sering olahraga pastinya memiliki kulit yang sangat baik. Karena keringat yang keluar dari kulit kamu ini bisa menjadi salah satu alasan muka kamu tetap lembab dan tidak kering.


Jadi, selain kamu makan sayur dan buah-buahan tetap kamu harus mengimbanginya dengan berolahraga yang rutin minimal 2 - 3 kali dalam seminggu.


Baca Juga : Skincare kamu sudah halal belum? Ini Kriteria Skincare Halal untuk Muslim!


  • 4. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Cara mengatasi muka kering yang keempat adalah dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari memiliki sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit.


Sinar Ultra Violet atau yang seringkali kita dengar dengan istilah sinar UV bisa berasal dari sinar matahari ataupun alat tanning beds maupun pemancar sinar UV lainnya. 

Sinar UV terbagi menjadi 2 jenis yaitu :


  • UVA

UVA menyebabkan tanning atau penggelapan warna kulit, gelombang pendeknya menyebabkan sunburn. Tidak ada tan yang aman atau sehat. Radiasi UVA terbukti berkontribusi menyebabkan kanker kulit.


Pada label produk sunscreen, perlindungan UVA ditandai dengan Protection Grade of UVA (PA) rating terhadap pigmentasi dan photoaging. Tanda rating “+” pada PA menunjukan pertahanan terjadinya pigmentasi pada kulit yang terlindung sunscreen. Tanda “+” tertinggi “++++”, minimal sebaiknya “++”

UVA ada dimana-mana, mencapai 95% dari radiasi UV yang mencapai bumi sepanjang tahun. UVA dapat menembus awan dan jendela atau ventilasi udara.


  • UVB

UVB menembus dan merusak lapisan kulit paling luar. Overexposure menyebabkan sun tan, sunburn, dan dalam beberapa kondisi bisa melepuh.


Pada label produk sunscreen, perlindungan UVB ditandai dengan nilai SPF (Sun Protection Factor) yang menyatakan besaran kali lipat energi yang dibutuhkan dibandingkan tanpa sunscreen tersebut. UVB bisa terfilter dan tidak bisa menembus kaca.


Pada awalnya, perlindungan pada produk sunscreen hanya terbatas pada perlindungan sinar UVB saja, namun setelah diketahui bahayanya sinar UVA maka formula sunscreen disempurnakan secara menyeluruh untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar radiasi UVA dan UVB yang kita kenal dengan “broad spectrum”.

Agar kulit GeutPeople tidak rusak dan tetap sehat alami, kamu harus menggunakan Reinforce Sun Barrier atau tabir surya agar kulit wajah dan leher kamu terproteksi dengan baik. Karena apabila kamu terkena paparan sinar matahari secara langsung, kulit kamu akan cepat rusak karena sinar UV. 

 

Matahari memancarkan sinar radiasi UV yang nantinya akan menyebabkan kulit kamu cepat kering. Cara mengatasi muka kering yang satu ini disarankan untuk kamu sebelum beraktivitas keluar rumah.

 

Oleskan secara merata untuk pertahanan skin barrier kamu karena hal tersebut sangat berpengaruh apabila kamu bepergian ke luar ruangan. Karena apabila kamu terkena paparan sinar matahari kulit kamu mudah kering dan iritasi.

  • 5. Gunakan Humidifier

Penggunaan AC (Air Conditioner) mungkin akan menyebabkan suhu di ruangan kamu lebih adem dan dingin. Namun, perlu GeutPeople ketahui, hal tersebut dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi dan cepat kering. Agar kulit kamu tidak cepat kering, kamu bisa menggunakan moisturizer agar kulit kamu tetap lembab dan tahan terhadap suhu ruangan. 


Karena udara dingin dan kering adalah penyebab umum kulit kering dan iritasi. Solusi dari hal tersebut adalah GeutPeople dapat menggunakan humidifier sebagai pelembab ruangan.


Cara mengatasi muka kering yang satu ini sangat dianjurkan. Karena Humidifier ini akan melembabkan ruangan kamu agar lebih nyaman.


Langkah pertama yang dapat kamu ambil adalah mencari humidifier yang sesuai dengan luas jangkauan ruangan kamu, Jadi apabila memilih humidifier yang ukurannya agak kecil dan ruangan kamu yang luas. Hal tersebut tidak memiliki dampak sama sekali.. 


Selain cari humidifier yang efektif dan sesuai dengan luas ruangan, kamu juga dapat memilih essential oil yang wanginya sesuai yang kamu inginkan. Hal tersebut pastinya akan berdampak pada emosional kamu lho seperti mengurangi rasa cemas dan sebagainya.

  • 6. Hindari Merokok

Hal yang dapat kamu cegah agar kamu tidak ingin muka kering adalah bisa untuk menghindari rokok. Karena rokok ini memiliki kandungan arsenik yang dapat mempengaruhi kulit kamu juga lho!


Rokok memiliki kandungan arsenik yang dapat mempengaruhi kulit kamu menjadi dehidrasi serta kering. Pastinya, hal tersebut tidak diinginkan untuk kamu yang ingin memiliki kulit bersih dan sehat.

  • 7. Konsumsi Antioksidan

Ada beberapa makanan yang dapat membantu kulit kamu tampak lebih sehat, menurut Healthline. Makanan kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan dari racun dan membantu tubuh membuat sel-sel yang sehat. Beberapa makanan yang berkontribusi terhadap kesehatan kulit antara lain:


  • Blueberry
  • Tomat
  • Wortel
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan
  • Makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, juga dapat berkontribusi pada diet kulit bercahaya.

Baca Juga : Rekomendasi Skincare Berbahan Alami - Geut


  • Pakai Skincare yang Lembut dan Melembabkan

Geut.id  adalah skincare yang dibuat oleh pasangan suami istri dr. Teuku Adifitrian Sp.BP-RE (Tompi) dan dr. Arti Indira M.Gizi, Sp.GK, FINEM dengan adanya kolaborasi dokter bedah dan dokter gizi sangat direkomendasikan sebagai produk kecantikan untuk kesehatan kulit.


Jadi cara mengatasi muka kering yang terakhir adalah kamu dapat mengaplikasikan kulit wajah kamu dengan skincare serta pelembab dari geut yang satu ini. Moisturizer yang satu ini bisa menjadi salah satu keunggulan dari geut.id karena memiliki kandungan antioksidan, protein dan kaya nutrisi esensial. Dapat meresap dengan cepat, mendalam, tidak lengket dan tidak berminyak.


Bagaimana penjelasan mengenai cara mengatasi muka kering? Pastinya muka yang kering adalah masalah kesehatan kulit yang sangat mengganggu untuk kamu. Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui kesehatan kulit kamu lebih lanjut? Kamu bisa langsung berkonsultasi kepada dokter kulit kami yang sudah memiliki pengalaman yang lebih dalam memberikan perawatan kulit. Yuk klik di link yang ada disini untuk mengetahui kesehatan kulit kamu lebih lanjut!

Bagikan: