Kenali 7 Apa Penyebab Jerawat yang Bisa Mengganggu Penampilan

jerawat, penyebab jerawat

Dilansir dari healthline, apa penyebab jerawat? Pastinya jerawat bisa mengganggu penampilan kamu yang maksimal. Hal tersebut membuat kamu jengkel dan menghindari untuk bertemu dengan seseorang atau banyak orang. Penyebab jerawat bisa berasal dari mana saja dan kapan saja.


Penyebab jerawat yang kamu ketahui pastinya banyak serta kamu harus dapat mengorganisir hal tersebut karena sangat tidak lumrah untuk diketahui banyak orang.


Jerawat adalah gangguan peradangan pada kulit, yang memiliki kelenjar sebaceous (minyak) yang terhubung ke folikel rambut, yang berisi rambut halus. 


Campuran minyak dan sel memungkinkan bakteri yang biasanya hidup di kulit, tumbuh di folikel yang tersumbat dan menyebabkan peradangan, pembengkakan, kemerahan, panas, dan nyeri. 


Ketika dinding folikel yang tersumbat rusak, bakteri, sel-sel kulit, dan sebum tumpah ke kulit di dekatnya, menciptakan lesi atau jerawat.


Ingin mengetahui apa penyebab jerawat? Berikut ini ulasan lengkapnya versi Geut!

7 Penyebab Jerawat

Apa penyebab jerawat yang utama adalah pada saat kulit kamu yang lebih sehat mengalami beberapa kelainan seperti adanya kelenjar sebaceous membuat sebum bermuara ke permukaan kulit melalui pori-pori, yang merupakan lubang di folikel. 


Keratinosit, sejenis sel kulit, melapisi folikel. Biasanya jerawat tersebut akan tumbuh pada saat tubuh melepaskan sel-sel kulit, keratinosit naik ke permukaan kulit. 


Ketika seseorang memiliki jerawat, rambut, sebum, dan keratinosit saling menempel di dalam pori-pori. Ini mencegah keratinosit dari penumpahan dan menjaga sebum mencapai permukaan kulit. 


Yuk kita intip lebih jauh apa penyebab jerawat yang dapat kamu ketahui!

1. Bakteri 

Hal utama apa penyebab jerawat yang bisa kamu ketahui adalah bakteri. Bakteri ini bisa berkembang biak dengan cepat dan penyebab utama masalah kulit muka kamu.

Biasanya bakteri yang memicu untuk munculnya jerawat adalah :

  • Propionibacterium acnes (P. acnes)
  • Corynebacterium granulosum
  • Staphylococcus epidermidis atau coagulase-negative staphylococcus

P. acnes atau Propionibacterium acnes adalah bakteri yang mudah hinggap ke kulit dan menghasilkan jerawat.  Jerawat umumnya muncul diawali dengan penyumbatan pori oleh zat asing yang kemudian mengundang bakteri untuk menginfeksi.

    2. Penumpukan Sel Kulit Mati

    Selain bakteri, apa penyebab jerawat berikutnya adalah penumpukan sel kulit mati bisa menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat tumbuh. 


    Seperti yang kamu ketahui, semua sel-sel mati dan rusak di dalam tubuh digantikan oleh sel-sel baru yang sehat. Proses regenerasi sel kulit meliputi seluruh kulit dan dimulai dari lapisan kulit terdalam (lapisan embrio) untuk membuat sel kulit baru. 


    Setelah itu, sel-sel baru tumbuh hingga mencapai lapisan terluar kulit  (stratum korneum). Ketika sel-sel ini tiba, sel-sel di lapisan terluar kulit  mati. 


    Sebenarnya, proses ini tidak mudah bagi mereka yang rentan terhadap jerawat dan memiliki kulit  berminyak. Ini karena kulit mereka menghasilkan lebih banyak sel kulit mati daripada yang kamu kira.


    Akibatnya, sel-sel kulit mati yang tidak bersih menumpuk dan menyumbat pori-pori. Jika kulit di wajah dan tubuh tidak dibersihkan dengan baik, sel-sel kulit mati yang tersisa menumpuk dan menyebabkan jerawat.



    Baca Juga : Rekomendasi Skincare Berbahan Alami - Geut


    3. Produksi Minyak Berlebih

    Kulit manusia biasanya memiliki produksi minyak yang berlebih karena memiliki sebaceous (sebasea). Hal tersebut akan naik ke pori-pori melalui folikel bertujuan untuk melembabkan kulit.


    Produksi minyak yang berlebih dapat menyebabkan jerawat karena kulit muka akan terasa lebih lembab serta kuman dan bakteri mudah menempel pada permukaan kulit yang seperti itu.

    4. Folikel yang Tersumbat

    Apa penyebab jerawat selanjutnya adalah folikel yang tersumbat berkembang ketika sel-sel kulit mati, minyak atau kotoran terperangkap di pori-pori . 


    Folikel adalah lubang kecil di kulit yang melepaskan minyak dan keringat dari kelenjar. Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat.


    Folikel yang tersumbat sering terjadi pada wajah orang. Namun, ini dapat terjadi di mana saja di tubuh, termasuk kulit kepala, leher, punggung, bahu dan dada.


    5. Hormon

    Hal yang paling umum apa yang menyebabkan jerawat adalah hormon manusia itu sendiri. Pasalnya perubahan hormon tersebut tidak hanya pada saat pubertas akan tetapi bisa jadi seperti Menstruasi, kehamilan, dan penderita pcos (sindrom ovarium polikistik).


    Jerawat tersebut muncul karena hormon tidak mendapatkan enzim yang berkaitan dengan tubuh. Maka dari itu, munculah jerawat.

    6. Penggunaan Kosmetik yang Tidak Tepat

    Penggunaan kosmetik yang kurang tepat dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan dari skincare atau kosmetik kamu tersebut dirasa kurang cocok untuk jenis muka kamu. Namun, hal tersebut tidak masalah karena biasanya efeknya hanya sementara.


    Agar kamu mengetahui kandungan dan komposisi kosmetik kamu, pastikan kamu terlebih dahulu mengetahui isi kandungan dari skincare kamu yang kamu ketahui. Hal tersebut bisa menjadi salah satu instruksi yang baik guna kamu lebih teratur dalam menggunakan kosmetik atau skincare yang tepat.


    Baca Juga : Produk Skincare Artis Yang Viral Di Indonesia - GEUT


    7. Stress

    Mengelola stress adalah salah satu hal utama untuk mengurangi jerawat. Karena secara tidak langsung akibat terlalu banyak pikiran kamu dapat mengetahui serta mengalami beberapa kendala yang pastinya tidak kamu inginkan.


    Jadi, disarankan untuk tidur, makan, serta olahraga secara teratur agar tidak stress. Apa penyebab stress yang terakhir ini bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


    Nah, itulah 7 penyebab jerawat yang dapat mengganggu penampilan. Jerawat pastinya sangat mengganggu kamu dalam berpenampilan. Maka dari itu, kamu harus lebih mengatur pola hidup yang lebih sehat seperti menghindari aktivitas yang tidak sehat seperti makan junk food, minum alkohol, merokok dan hal yang wajib kamu lakukan adalah memperbanyak minum air putih, olahraga, serta konsumsi makanan yang sehat untuk kulit kamu.

    Bagikan: