5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Kanker Kulit Melanoma

kanker kulit melanoma

Kanker kulit melanoma sangat sering ditemukan dibandingkan beberapa jenis kanker kulit lainnya, tetapi kanker kulit yang satu ini lebih mudah tumbuh dan menyebar lebih luas. 


Jika kamu menderita kanker kulit melanoma lambat laun kamu akan menularkan kanker kulit melanoma. Karena kanker ini cukup rentan untuk menular dan menyebar dengan cepat.


Di artikel yang satu ini kamu dapat mengetahui semua tentang melanoma, termasuk faktor risiko, gejala, cara menemukan, dan cara pengobatannya. Yuk simak artikel geut yang lainnya juga disini!


Apa Itu Kanker Kulit Melanoma

Dilansir oleh American Cancer Society, Kanker kulit melanoma adalah sejenis kanker kulit yang berkembang ketika melanosit (sel yang kulitnya berwarna coklat atau kecoklatan) mulai tumbuh di luar kendali.


Kanker ini dimulai ketika sel-sel dalam tubuh mulai tumbuh di luar kendali. Sel ini terdapat bahkan hampir semua bagian tubuh dapat menjadi kanker, dan kemudian dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.


Kanker kulit melanoma ini sangat agresif dan harus dihindari. Karena sangat menghambat serta memperparah kesehatan kulit. Maka dari itu kamu harus cepat-cepat untuk memperbaiki ataupun merawat kulit kamu lebih baik agar lebih sehat juga.

Faktor Kanker Kulit Melanoma

Setelah mengetahui pengertian dari kanker kulit melanoma, jadi apa saja faktor -faktor yang menyebabkan kanker kulit tersebut.


Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit melanoma meliputi:


Memiliki Kulit yang Putih

Memiliki lebih sedikit pigmen (melanin) di kulit kamu berarti memiliki lebih sedikit perlindungan dari radiasi UV yang dapat merusak kulit kamu. Jika kamu memiliki rambut pirang atau merah, mata berwarna terang, dan mudah berbintik-bintik atau terbakar sinar matahari, kamu berpotensi untuk mengembangkan melanoma daripada orang yang memiliki kulit gelap.

Tapi melanoma dapat berkembang pada orang dengan kulit lebih gelap, termasuk orang Hispanik dan orang kulit hitam.

Terkena Sunburn 

Hal yang lebih parah adalah terkena sengatan sinar matahari yang melepuh dapat meningkatkan risiko melanoma. Terkena sinar matahari secara langsung akan menimbulkan efek yang tak terduga biasanya dapat menyebabkan rentan untuk terkena melanoma.


Paparan Sinar Ultraviolet (UV) yang Berlebihan 

Paparan radiasi UV, yang berasal dari matahari dan dari lampu dan tempat tidur, dapat meningkatkan risiko kanker kulit, termasuk melanoma.


Tinggal Lebih Dekat di Khatulistiwa atau di Dataran Tinggi

Orang yang tinggal lebih dekat ke ekuator bumi, di mana sinar matahari lebih langsung, mengalami jumlah radiasi UV yang lebih tinggi daripada mereka yang tinggal lebih jauh ke utara atau selatan. Selain itu, jika kamu tinggal di dataran tinggi, kamu akan terpapar lebih banyak radiasi UV.


Memiliki banyak tahi lalat atau tahi lalat yang tidak biasa

Memiliki lebih dari 50 tahi lalat biasa di tubuh kamu menunjukkan peningkatan risiko kanker kulit melanoma. Hal tersebut dikarenakan memiliki jenis tahi lalat yang tidak biasa meningkatkan risiko melanoma.


Riwayat keluarga yang memiliki melanoma

Jika saudara terdekat seperti orang tua, anak atau saudara kandung menderita melanoma, kamu juga memiliki peluang lebih besar untuk terkena melanoma.


Sistem kekebalan tubuh melemah

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah memiliki peningkatan risiko melanoma dan kanker kulit lainnya. Sistem kekebalan kamu mungkin terganggu jika meminum obat untuk menekan sistem kekebalan, seperti setelah transplantasi organ, atau jika kamu memiliki penyakit yang merusak sistem kekebalan, seperti AIDS.


Baca Juga : Hair Care Routine di Rumah Bisa Atasi Kerusakan Rambut - GEUT


Gejala Kanker Kulit Melanoma

Kanker kulit melanoma dapat berkembang di mana saja di tubuh kamu. Mereka paling sering berkembang di area yang pernah terpapar sinar matahari, seperti punggung, kaki, lengan, dan wajah.


Melanoma juga dapat terjadi di area yang tidak banyak terpapar sinar matahari, seperti telapak kaki, telapak tangan, dan tempat tidur kuku. Melanoma tersembunyi ini lebih sering terjadi pada orang dengan kulit lebih gelap. Namun, apakah kalian mengetahui apa saja gejala dari kanker kulit melanoma.


Nah berikut ini tanda dan gejala melanoma pertama yang sering adalah:


Perubahan Pada Tahi Lalat yang Ada

Melanoma bisa saja terjadi pada saat perkembangan pigmen baru atau pertumbuhan yang tampak tidak biasa pada kulit kamu. Namun, Melanoma tidak selalu dimulai sebagai tahi lalat. Hal tersebut juga dapat terjadi pada kulit yang tampak normal.


Tahi Lalat Normal

Tahi lalat normal umumnya memiliki warna yang seragam seperti cokelat, cokelat, atau hitam dengan batas yang memisahkan tahi lalat dari kulit di sekitarnya. 


Kanker kulit melanoma ini berbentuk oval atau bulat dan biasanya berdiameter lebih kecil dari 1/4 inci (sekitar 6 millimeter).


Kebanyakan tahi lalat mulai muncul di masa kanak-kanak dan tahi lalat baru dapat terbentuk sampai sekitar usia 40 tahun. Pada saat mereka dewasa, kebanyakan orang memiliki antara 10 dan 40 tahi lalat. Tahi lalat dapat berubah dalam penampilan seiring waktu dan beberapa bahkan mungkin hilang seiring bertambahnya usia.


Tahi Lalat yang Tidak Biasa Mungkin Mengindikasikan Melanoma

Untuk membantu kamu mengidentifikasi karakteristik tahi lalat yang tidak biasa yang mungkin mengindikasikan melanoma atau kanker kulit lainnya, pikirkan huruf ABCDE:


  • A adalah untuk bentuk asimetris. Tahi lalat dengan bentuk tidak beraturan, seperti dua bagian yang tampak sangat berbeda.
  • B untuk batas tidak beraturan. Tahi lalat dengan batas tidak beraturan, berlekuk atau bergigi hal tersebut biasanya menjadi karakteristik melanoma.
  • C untuk perubahan warna. Tahi lalat dengan pertumbuhan yang memiliki banyak warna atau distribusi warna yang tidak merata.
  • D untuk diameter. Tahi lalat dengan pertumbuhan baru pada tahi lalat yang lebih besar dari 1/4 inci (sekitar 6 millimeter).
  • E untuk berkembang. Tahi lalat yang perubahan dari waktu ke waktu, seperti tahi lalat yang tumbuh dalam ukuran atau yang berubah warna atau bentuk. Tahi lalat juga dapat berkembang untuk mengembangkan tanda dan gejala baru, seperti gatal atau pendarahan baru.
  • Tahi lalat kanker (ganas) sangat bervariasi dalam penampilan. Beberapa mungkin menunjukkan semua perubahan yang tercantum di atas, sementara yang lain mungkin hanya memiliki satu atau dua karakteristik yang tidak biasa.

Melanoma tersembunyi

Melanoma juga dapat berkembang di area tubuh kamu yang memiliki sedikit atau tanpa paparan sinar matahari, seperti ruang di antara jari-jari kaki dan telapak tangan, telapak kaki, kulit kepala, atau alat kelamin. 


Terkadang disebut sebagai melanoma tersembunyi karena terjadi di tempat-tempat yang kebanyakan orang tidak akan berpikir untuk memeriksanya. Ketika melanoma terjadi pada orang dengan kulit lebih gelap, kemungkinan besar terjadi di area tersembunyi.


Melanoma tersembunyi meliputi:


  • Melanoma akral-lentiginosa adalah bentuk melanoma langka yang dapat terjadi di bawah kuku jari tangan atau kaki. Itu juga dapat ditemukan di telapak tangan atau telapak kaki. Ini lebih sering terjadi pada orang keturunan Asia, orang kulit hitam dan orang lain dengan pigmen kulit gelap.

  • Melanoma di mulut, saluran pencernaan, saluran kemih atau vagina. Melanoma mukosa berkembang di selaput lendir yang melapisi hidung, mulut, kerongkongan, anus, saluran kemih dan vagina. Melanoma mukosa sangat sulit dideteksi karena dapat dengan mudah disalahartikan sebagai kondisi lain yang jauh lebih umum.

  • Melanoma pada mata. Melanoma mata, juga disebut melanoma okular, paling sering terjadi di uvea lapisan di bawah putih mata (sklera). Melanoma mata dapat menyebabkan perubahan penglihatan dan dapat didiagnosis selama pemeriksaan mata.



Baca Juga : Urutan Skincare Routine Versi GEUT By Dr. T


Cara Pengobatan Kanker Kulit Melanoma

Perawatan untuk melanoma tahap awal biasanya termasuk operasi pengangkatan melanoma. Melanoma yang sangat tipis dapat diangkat seluruhnya selama biopsi dan tidak memerlukan perawatan lebih lanjut.


Nah setelah mengenali kanker kulit melanoma yang satu ini pastinya kamu akan merasa harus melindungi dan merawat kulit lebih dini lagi sehingga tidak merasa untuk mengkhawatirkan hal tersebut.


Untuk mengetahui kondisi kulit kamu, bisa konsultasi dengan dokter kulit dan juga untuk lebih merawat kulit agar lebih baik dan sehat. Yuk lihat skincare yang dimiliki oleh Geut.

Bagikan: