Apa Itu Purging? Apakah Purging sama dengan Breakout?

purging, breakout, apakah purging itu, perbedaan purging dan breakout

Istilah apa itu purging? Yaitu kondisi dimana kulit dapat memunculkan kotoran yang dikeluarkan dari pori-pori. Jadi proses dimana kulit dalam fase adaptasi dengan pembaharuan kulit wajah baru agar kelihatan lebih sehat dan berseri. Proses ini memang memakan waktu yang tidak sebentar dan sangat membutuhkan pengorbanan.


Masalah sebenarnya dalam hal purging adalah bahwa hal tersebut tidak terlalu mengerikan (atau ditakuti). Sebaliknya, purging hanya mengacu pada reaksi beberapa kulit terhadap produk tertentu, yaitu retinol dan asam. 


Proses yang khusus ini dikenal sebagai pengelupasan kimia, dan karena mereka mengelupas lapisan atas sel kulit mati, yang baru beregenerasi lebih cepat daripada yang mereka lakukan sendiri, yang dapat membawa penyumbatan ke permukaan dan menyebabkan iritasi dan berjerawat.


Kabar baik tentang purging  adalah bahwa efek dari purging tersebut bersifat sementara, efek sampingnya lebih pendek dari jerawat atau sebagainya, dan pada akhirnya itu adalah tanda bahwa produk yang baru kamu beli perkenalkan ke wajah berfungsi. 


Pada artikel yang satu ini pastinya Geut Journal akan membahas apa itu purging, lalu apakah hal tersebut sama dengan breakout, berapa lama proses purging serta tindakan preventif yang dapat dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!


Baca Juga : Cara Merawat Skin Barrier Versi Geut by Dr. Tompi

Apa Itu Purging?

Apa Itu Purging? Purging adalah kondisi dimana saat kulit kamu menyesuaikan diri dengan produk baru, dan bertahan dengan produk tersebut pada akhirnya akan membuat kulit akan menjadi lebih baik daripada sebelumnya, munculnya jerawat secara tiba-tiba berarti efek purging bekerja dan berfungsi sebagaimana mestinya.


Purging biasa terjadi ketika kulit bereaksi karena sensitif terhadap sesuatu dalam produk. Ini bisa menyumbat pori-pori, atau menyebabkan alergi, atau sekadar iritasi lama. Melanjutkan produk hanya akan memperburuk situasi.

Apakah Purging Sama Dengan Breakout?

Setelah mengetahui apa itu purging, kita akan membahas perbedaan purging dan breakout. 

Saat kamu menambahkan produk perawatan kulit baru ke rutinitas yang tiap hari, penting juga bagi kamu untuk diingat bahwa tidak semua reaksi secara teknis merupakan purging.


Terkadang, produk yang kamu gunakan juga dapat mengiritasi kulit karena alasan yang berbeda, seperti menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat, atau memicu reaksi alergi yang dapat menyebabkan iritasi.


“Perhatikan adanya perubahan pada kulit: bercak ataupun benjolan. Bagian tubuh yang paling sering terkena adalah wajah dan lengan” - dr. Catharina Ari Wilandani, Sp.KK FINSDV


Dilansir Lab Muffin, Jerawat pada kulit muka setelah menggunakan produk baru mungkin bukan tanda purging, tetapi bisa menjadi jerawat biasa, dan ada beberapa hal yang dapat kamu ingat untuk membantu kamu menemukan perbedaannya. 


Nah berikut ini perbedaan antara purging dan breakout :


  • Durasi: Tanda pertama yang harus diwaspadai adalah durasi breakout. “Siklus hidup jerawat (yang terjadi selama pembersihan) lebih cepat daripada jerawat biasa. Ini akan sembuh lebih cepat daripada jerawat biasa

  • Lokasi: Purging cenderung memicu jerawat di tempat-tempat yang biasanya Kamu harus melihat gejala jerawatnya, jadi jika kamu teriritasi di area baru, itu mungkin bukan purging.

  • Bahan Aktif: Hal lain yang perlu diingat ketika menavigasi apakah kulit kamu sedang purging atau breakout adalah bahan aktif dalam produk yang kamu aplikasikan ke kulit. purging biasanya dihasilkan dari bahan kimia yang mengelupas kulit, seperti retinol, asam alfa dan beta hidroksi, dan bahan pelawan jerawat seperti asam salisilat dan benzoil peroksida.

Jadi, jika kulit kamu berjerawat setelah menggunakan sesuatu seperti minyak yang menghidrasi, sun barrier, atau sesuatu yang dapat menyumbat pori-pori, seperti formula riasan komedogenik, Mungkin memiliki jerawat biasa di muka kamu daripada purging. 


Pastinya, dengan adanya apa itu purging semakin mengidentifikasi kita harus lebih dapat mengetahui gejalanya!

Berapa Lama Purging Berlangsung?

Purging berlangsung saat kamu sedang menggunakan produk baru dan kulit kamu mulai bereaksi. Saat kita mengetahui proses ini adalah purging, berapa lama kita harus menunggu untuk mencoba menghentikan atau melanjutkan pemakaian?


Jika itu adalah produk retinol, kamu akan mengalami 7-10 hari. Pada hari ke-10 kulit seharusnya sudah melakukan tugasnya membersihkan kotoran.


Jika kamu sedang membersihkan pola makan dan melakukan detoks, menggunakan masker pembersih akan sangat membantu kulit melalui proses tersebut, yang bisa memakan waktu lebih dari 2-4 minggu.


Bagaimana Proses Purging Terjadi?

Beginilah cara purging benar-benar bekerja setelah melihat apa itu purging. Jika produk atau skincare yang digunakan berfungsi untuk mempercepat pergantian kulit (tingkat di mana sel-sel kulit ditumpahkan dan diganti), maka seluruh siklus akan dipercepat dan microcomedones akan berubah menjadi whiteheads/blackheads/jerawat/kista lebih cepat, jadi kamu akan tiba-tiba melihat semburan noda di wajah.


Jika produk tersebut mengiritasi (yang merupakan sebagian besar produk percepatan pergantian kulit), beberapa mikrokomedo yang tidak akan muncul mungkin juga ikut bergabung, karena peradangan adalah salah satu faktor penyebab jerawat. Setelah mengetahui apa itu purging lalu beralih kepada proses yang satu ini pastinya kamu memiliki pemahaman sendiri dari proses tersebut.


Namun, mikrokomedo ini ada di kulit sebelum kamu memulai produk baru, bukan penyumbatan baru yang disebabkan oleh produk.


Jadi saat produk mulai bekerja, lebih sedikit mikrokomedo yang terbentuk, dan setelah tahap ini, kulit kamu akan menjadi lebih bersih daripada saat kamu memulai produk.



Baca Juga : Produk Skincare Artis Yang Viral Di Indonesia - GEUT


Tindakan Preventif Pada Saat Purging

Katakanlah kamu memiliki produk baru yang dirasa dapat memperbaiki kulit, tetapi kamu tidak benar-benar ingin berurusan dengan purging setelahnya. Adakah yang bisa dilakukan untuk mencegah purge? Sayangnya, tidak juga. 


Tetapi dr. Teuku Adifitrian Sp.BP-RE (Tompi) merekomendasikan secara perlahan untuk memperkenalkan produk baru ke dalam rutinitas untuk memberi waktu pada kulit kamu untuk menyesuaikan diri. 


Untuk retinol, misalnya, coba gunakan produk sekali pada minggu pertama, dua kali pada minggu kedua, tiga kali pada minggu ketiga, dan seterusnya hingga Anda menggunakan produk setiap hari atau setiap hari (tergantung pada seberapa sensitif kulit).


Dan sebelum kamu memilih produk baru, selalu perhatikan baik-baik bahan-bahannya dan bandingkan catatannya dengan produk lain yang belum pernah bekerja dengan baik untuk kamu di masa lalu dan kulit kamu mungkin tidak cocok dengan bahan kimia atau komponen tertentu.


Kesimpulan

Setelah melihat lebih jauh apa itu purging dan pengertian purging yang lainnya. Pastinya kamu pada saat  masa purging akan lebih peduli lagi untuk mengetahui hal tersebut. Karena purging ini adalah masa dimana kamu dapat mengubah muka kamu agar lebih sehat dan berseri.


Ingin lebih mengetahui mengenai kesehatan kulit kamu? Kamu bisa konsultasi langsung dengan dokter kulit dari Geut yang sudah berpengalaman disini!

Bagikan: