Cara Merawat Skin Barrier Versi Geut by Dr. Tompi

cara merawat kulit, cara, merawat, wajah, skin, barrier, skin barrier, cara merawat wajah, tompi

Siapa yang gak mau punya kulit glowing dan terlihat sehat? Semua orang pasti mau dong ya punya kulit sehat dan glowing. Untuk memiliki kulit seperti itu membutuhkan usaha dan juga perawatan pada kulit, terutama menjaga skin barrier agar tidak rusak.

Sebelum kita membahas gimana cara merawat skin barrie, kita cari tau dulu apa sih skin barrier itu? Secara definisi skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang keras dan terikat bersama oleh lipid. Skin barrier ini memiliki fungsinya sebagai pelindung. Skin barrier terletak pada bagian atas dan terluar kulit oleh karena itu sangat penting untuk dirawat.

Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas cara menjaga skin barrier tetap sehat versi GEUT By Dr.T dong tentunya!

 

Menjaga Skin Barrier Tetap Sehat Itu Penting Banget Lho!

Kenapa kita harus menjaga skin barrier? Penting banget lho menjaga skin barrier agar tetap sehat, karena skin barrier merupakan lapisan terluar dari kulit yang berfungsi sebagai pelindung. 

Tanpa pelindung kulit, secara science air di dalam tubuh kita bisa keluar dan menguap, sehingga kita akan berisiko mengalami kondisi dehidrasi. Skin barrier penting kita rawat dan jaga agar fungsinya berjalan dengan baik.

 

Perhatikan 4 Tanda Skin Barrier Kamu Rusak

Skin barrier memiliki dua peranan yang pertama yaitu sebagai pelindung kulit dari polusi, radiasi ultraviolet dan bahan kimia berbahaya. 

Selain itu skin barrier juga membantu menjaga kelembaban alami kulit kita. Nah kalo lapisan skin barrier ini rusak, maka kulit kita akan lebih rentan mengalami berbagai jenis permasalahan kulit.

GEUTpeople gak perlu khawatir jika skin barrier kita mulai rusak, kita bisa mempelajari beberapa tanda-tandanya, seperti informasi berikut ini.

  • Muncul Kemerahan Pada Kulit
  • Kulit Terasa Kering dan Kesat
  • Tidak Tahan Pada Merek/Jenis Skincare Tertentu
  • Kulit Terasa Gatal

 

4 Cara Merawat Skin Barrier Agar Tetap Sehat

Nah GEUTpeople ngomongin cara merawat skincare agar tetap sehat itu ada tips and tircknya lho! Mau ga apa aja tahapannya? Yuk simak aja penjelasan berikut ini.

 

1. Jaga Hidrasi Kulit

Jaga Hidrasi Kulit

Menjaga kulit kita agar tetap lembab adalah salah satu cara untuk menjaga skin barrier tetap sehat. Kita bisa mengkombinasikan serum serta pelembab yang dapat menambah hidrasi pada kulit wajah.

Sebagai contoh, gunakanlah produk-produk yang memiliki kandungan gliserin, panthenol atau hyaluronic acid, kandungan tersebut memiliki fungsi untuk memperbaiki tekstur kulit wajah dan sekaligus mengikat serta meningkatkan kadar air dalam kulit.

Kita juga bisa menggunakan moisturizer yang memiliki kandungan seperti dimethicone, shea butter, minyak jojoba,stearic, linoleic dan sejenisnya. Moisturizer atau pelembab yang memiliki kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga agar kadar air di dalam tubuh atau kulit kita tidak menguap. Terakhir untuk menjaga hidrasi kulit kita bisa rutin minum air mineral 2 liter per hari.

2. Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Ngomongin soal pH kulit, langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah untuk cek pH dari setiap produk skincare yang kita punya atau yang akan kita beli, karena menjaga pH ini juga bisa membantu merawat skin barrier.

Sebelum memilih produk skincare, sebaiknya cari tau dulu kira-kira berapa sih pH kulit kita, umumnya pH yang ada pada produk skincare itu berada di range angka 3.7 sampe 8.2, sebaiknya kita memilih produk skincare dengan pH yang mendekati dengan pH kulit kita. 

3. Gunakan Pembersih Wajah Yang Lembut

Gunakan Pembersih Wajah Yang Lembut

Untuk pembersih wajah bisa juga di cek terlebih dahulu kandungan yang berada di dalamnya. Jika di dalam pembersih wajah ditemukan kandungan aktif atau eksfoliator yang berlebihan, sebaiknya tidak usah digunakan, atau jika memang sudah punya maka bisa berhenti menggunakan produk tersebut. 

Sebagai salah satu upaya dalam menjaga skin barrier, pilihlah pembersih wajah yang mempunyai kandungan antibakteri atau ceramide, kandungan ceramide juga mampu menambah hidrasi kulit.

4. Memperbaiki Gaya Hidup dan Kurangi Stress

Memperbaiki Gaya Hidup dan Kurangi Stress

Dari sisi psikologis, stres yang berlebihan bisa menyebabkan hormon kortisol yang memberi sinyal kepada kelenjar di kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak.  Kulit yang berminyak lebih rentan berjerawat dan menjadi penyebab masalah kulit lainnya. Hal ini termasuk salah satu tanda rusaknya skin barrier.

Stres yang berlebihan terbukti memperlambat proses penyembuhan kulit dan pemulihan skin barrier. Jadi, ubah gaya hidup dan kurangi stres harian berlebihan, cobalah untuk meningkatkan suasana hati kita.

 

Kesimpulan

Ya itu lah tadi beberapa cara untuk menjaga dan merawat skin barrier, semoga penjelasan pada artikel ini bisa menambah wawasan dari GEUTpeople semua ya.

Selain skin barrier, Geut juga punya informasi seputar skincare artis lho, nah mau tau penjelasannya? Langsung aja cari tau!

Bagikan: