Penting! Kenali Penyebab Kanker Kulit yang Harus Kamu Ketahui!

Penyebab Kanker Kulit, kanker, kulit, skincare, dokter kulit

Dilansir oleh Skin Cancer, penyebab kanker kulit datang dari berbagai faktor ada dari internal maupun eksternal. Hal tersebut pastinya dapat kamu minimalisir apabila mengerti untuk menghindari hal tersebut.

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali di epidermis, lapisan kulit terluar, yang disebabkan oleh kerusakan DNA yang tidak dapat diperbaiki yang memicu mutasi. Mutasi ini menyebabkan sel-sel kulit berkembang biak dengan cepat dan membentuk tumor ganas.

Nah bagi kamu yang Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian, penyebab kanker kulit, serta cara mengobatinya? Yuk langsung saja simak artikel dibawah ini.



Baca Juga : Produk Skincare Artis Yang Viral Di Indonesia - GEUT

 

 

Apa Itu Kanker Kulit?

Kanker kulit terjadi ketika sel-sel kulit tumbuh dan berkembang biak dengan cara yang tidak terkendali dan tidak teratur.

Biasanya, sel-sel kulit baru terbentuk ketika sel-sel menjadi tua, lalu mati ketika mereka menjadi rusak. Ketika proses ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, terjadi pertumbuhan sel yang cepat (beberapa di antaranya mungkin merupakan sel abnormal). 

Kumpulan sel ini mungkin bersifat non-kanker (jinak) yang tidak menyebar atau menyebabkan kerusakan, adapun bersifat kanker yang dapat menyebar ke jaringan terdekat atau area lain di tubuh kamu jika tidak terdeteksi dini dan diobati.

Biasanya kanker kulit sering disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Namun, hal tersebut tidak dapat dijadikan acuan pertama sebagai penyebab kanker kulit karena penyebab kanker kulit ada banyak macamnya.

Adapun 3 jenis kanker kulit yang harus kamu ketahui. Kanker kulit ini biasanya sering ditemukan pada kasus kanker kulit.

Ada tiga jenis utama kanker kulit:

  • Karsinoma Sel Basal
  • Karsinoma Sel Skuamosa
  • Melanoma

 

Karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa adalah jenis kanker kulit yang paling umum dan kadang-kadang disebut “kanker kulit non-melanoma.”

Melanoma tidak umum seperti sel basal atau karsinoma sel skuamosa tetapi merupakan bentuk paling berbahaya dari kanker kulit. 

Jika tidak diobati, melanoma lebih menyebar ke organ di luar kulit, membuatnya sulit untuk diobati dan berpotensi kematian.

Untungnya, jika kanker kulit diidentifikasi dan diobati sejak dini, sebagian besar dapat disembuhkan. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengambil beberapa perlindungan dan berbicara dengan penyedia layanan kesehatan kamu jika merasa memiliki tanda-tanda kanker kulit. Kamu yang ingin melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter kulit? Bisa kamu klik link yang ada disini ya!

 

Penyebab Kanker Kulit

Penyebab kanker kulit yang utama adalah paparan sinar matahari yang berlebihan, terutama jika menyebabkan kulit terbakar dan melepuh. Sinar ultraviolet (UV) dari matahari merusak DNA di kulit kamu, menyebabkan sel-sel abnormal terbentuk. 

Sel-sel abnormal ini dengan cepat membelah dengan cara yang tidak teratur, membentuk massa sel kanker.

Penyebab lain kanker kulit adalah kulit yang sering kontak dengan bahan kimia tertentu, seperti tar dan batu bara.

Namun, Di artikel ini terdapat dua penyebab kanker kulit yang harus kamu ketahui!

Penyebab Kanker Kulit Internal

Penyebab kanker kulit internal adalah kanker kulit yang berasal dari diri kita sendiri atau dalam keadaan internal dimana penyebab kanker kulit tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa penyebab lainnya seperti genetik, imun, dan pola hidup.

Penyebab Kanker Kulit Eksternal

Penyebab kanker kulit eksternal adalah kanker kulit yang berasal dari indikasi eksternal atau luar seperti paparan radiasi, sinar uv, paparan senayawa kimia.

 

Baca Juga : Kelebihan Menggunakan Bahan Skincare Alami - GEUT

 

Cara Mengobati Kanker Kulit

Pilihan pengobatan yang dapat kamu lakukan untuk kanker kulit dan lesi kulit prakanker yang dikenal sebagai keratosis aktinik akan bervariasi, tergantung pada ukuran, jenis, kedalaman, dan lokasi lesi. 

Penyebab kanker kulit kecil yang terbatas pada permukaan kulit mungkin tidak memerlukan perawatan di luar biopsi kulit awal yang menghilangkan seluruh pertumbuhan.

Jika perawatan tambahan diperlukan, Berikut cara mengobati kanker kulit yang dapat kamu pilih:

  • Pembekuan. Dokter akan menghancurkan keratosis aktinik dan beberapa kanker kulit awal yang kecil dengan membekukannya dengan nitrogen cair (bedah cry). Jaringan kulit yang mati terkelupas saat mencair.
  • Bedah eksisi. Jenis perawatan ini mungkin sesuai untuk semua jenis kanker kulit. Dokter akan memotong jaringan kanker dan pinggiran kulit sehat di sekitarnya. Eksisi luas akan menghilangkan kulit ekstra normal di sekitar tumor mungkin akan direkomendasikan dalam beberapa kasus.
  • Bedah Moh. Prosedur ini untuk kanker kulit yang lebih besar, berulang atau sulit diobati, mungkin termasuk karsinoma sel basal dan skuamosa. Ini sering digunakan di area di mana perlu untuk menjaga kulit sebanyak mungkin, seperti di hidung.
  • Kuretase dan electrodesiccation atau cryotherapy. Setelah menghilangkan sebagian besar pertumbuhan, dokter akan mengikis lapisan sel kanker menggunakan alat dengan pisau melingkar (kuret). Jarum listrik menghancurkan sel kanker yang tersisa. Dalam variasi prosedur ini, nitrogen cair dapat digunakan untuk membekukan dasar dan tepi area yang dirawat. Prosedur sederhana dan cepat ini dapat digunakan untuk mengobati kanker sel basal atau kanker sel skuamosa tipis.
  • Terapi radiasi. Terapi radiasi menggunakan sinar energi bertenaga tinggi, seperti sinar-X, untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi dapat menjadi pilihan ketika kanker tidak dapat diangkat sepenuhnya selama operasi.
  • Kemoterapi. Dalam kemoterapi, obat digunakan untuk membunuh sel kanker. Untuk kanker yang terbatas pada lapisan atas kulit, krim atau lotion yang mengandung zat anti kanker dapat dioleskan langsung ke kulit. Kemoterapi sistemik dapat digunakan untuk mengobati kanker kulit yang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.
  • Terapi fotodinamik. Perawatan ini menghancurkan sel kanker kulit dengan kombinasi sinar laser dan obat-obatan yang membuat sel kanker sensitif terhadap cahaya.
  • Terapi biologis. Terapi biologis menggunakan sistem kekebalan tubuh kamu untuk membunuh sel kanker.

 

Kesimpulan

Kanker kulit pastinya dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Hal tersebut pastinya masih bisa tindak lanjuti seperti pencegahannya dan meminimalisir hal tersebut agar tidak terjadi.

Geut menjadi salah satu skincare yang mengedepankan kesehatan kulit agar kulit kamu lebih aman dari kanker kulit sehingga kulit kamu lebih sehat dan berseri.

Agar kesehatan kulit kamu terjaga dari penyebab kanker kulit, coba untuk bisa melakukan rutinitas selalu menggunakan perawatan kulit seperti skincare dari geut by Dr. T!

Bagikan: