Ketahui 7 Ciri-Ciri Purging yang Harus Kamu Ketahui

penuaan, purging, ciri-ciri penuaan, penuaan dini, skincare, mencegah penuaan dini

Ketahui 7 Ciri-Ciri Purging yang Harus Kamu Ketahui

Halo GeutPeople, Welcome back to Geut Journal. Di edisi kali ini kita akan membahas kupas tuntas ciri-ciri purging yang harus kamu ketahui!


Istilah di dalam dunia kecantikan ini banyak sekali istilah kondisi kulit yang harus kamu ketahui. Apakah kamu mengetahui purging? Yup kondisi kulit yang satu ini bisa dikatakan dimana kulit tampak ada benjolan kemerah-merahan. Untuk mengetahui lebih lanjut yuk intip ciri ciri purging yang harus kamu ketahui pada artikel dibawah ini!


Kulit Terasa Gatal

Dilansir oleh Femina, Pada saat kamu sedang pada masa purging. Kulit kamu akan terasa lebih gatal dibandingkan dengan kamu tidak dalam fase tersebut. Ciri ciri purging yang satu ini sangatlah mengganggu aktivitas dalam keseharian kamu. 

Rasa gatal ini ditimbulkan karena adanya reaksi terhadap racun yang ada di wajah kamu. Namun, kamu tidak perlu khawatir rasa gatal ini tidak akan berdampak sangat besar. Jadi, di sarankan untuk tidak menggaruk rasa gatal di wajah. Hal tersebut dapat menyebabkan lecet atau hal lain yang tidak diinginkan.

Tekstur Kulit Agak Kasar

Hal yang dapat sangat mengganggu kesehatan kulit yang lainnya adalah kulit kamu terasa lebih kasar dibandingkan pada saat kamu memiliki kulit yang normal. Tekstur kulit ini bisa kamu atasi pada saat kamu mandi tidak menggunakan air yang panas atau kamu bisa gunakan reinforce sun barrier agar wajah kamu lebih terlindungi dari sinar terik matahari.


Kulit yang agak kasar ini memang menjadi salah satu hal yang tidak kamu inginkan. Ciri ciri purging yang satu ini disebabkan karena kamu seringkali bepergian tanpa menggunakan tabir surya atau sun barrier untuk melindungi wajah kamu dari debu atau kotoran yang masuk.


Nah maka dari itu, yuk biasakan rawat kulit kamu agar lebih sehat dan terjaga dengan baik.


Baca Juga : Skin Barrier: Rahasia Kulit Indah Sehat Seimbang


Muncul Kemerah-merahan Pada Kulit

Ciri ciri purging selanjutnya adalah muncul kemerah merahan atau ruam pada kulit wajah. Pastinya kamu berasumsi bahwasannya ini adalah breakout. Namun, jangan salah kaprah breakout dan purging adalah hal yang berbeda antara satu sama lain.


Kulit kemerah-merahan pada wajah ini bisa kamu hindari dengan jangan menyentuh area kulit yang kemerah - merahan karena hal tersebut itu adalah proses pembersihan kulit wajah.

Timbulnya Jerawat

Jerawat yang timbul juga menandakan ciri ciri purging yang harus kamu ketahui lho! Jadi tidak hanya muncul kemerah-merahan. Jerawat adalah indikasi kamu mengalami proses dari purging itu sendiri. 


Nah, jerawat ini berbeda dengan kemerah-merahan. Biasanya pada fase yang satu ini akan berlangsung sebentar. Jadi kamu tidak perlu khawatir, Fase yang satu ini biasanya disebabkan penggunaan skincare yang berlebihan.


Jerawat akan timbul pada area yang biasanya terkena jerawat. Nah, kamu juga bisa lebih sering untuk mencuci wajah dan apabila ada jerawat jangan disentuh pada area tersebut.

Kulit Mengelupas

Purging biasanya terlihat seperti benjolan merah kecil pada kulit pada saat disentuh akan terasa menyakitkan. Hal tersebut sering disertai dengan komedo putih atau komedo hitam. Hal ini juga dapat menyebabkan kulit kamu menjadi terkelupas. Flare up yang disebabkan oleh purging memiliki umur yang lebih pendek daripada breakout.


Ciri ciri purging yang satu ini harus kamu ketahui karena tidak hanya akan mengganggu kamu tetapi hal ini bisa menjadi salah satu indikasi utama purging.


Kamu bisa lebih mengarahkan untuk istirahat ataupun makan-makanan antioksidan. Sehingga, kulit wajah kamu akan diberi nutrisi yang baik. Hal ini sangat baik untuk kesehatan wajah serta tubuh kamu yang memerlukan vitamin dan antioksidan.

Dapat Berbentuk Komedo Putih

Hmm… komedo putih juga menjadi indikasi ciri ciri purging lho. Meskipun tidak kelihatan namun tetap saja kondisi kulit wajah ini sangat mengganggu. Komedo akan lebih tampak pada saat kamu mencuci wajah. 


Kamu juga akan melihat bintik-bintik putih pada area hidung dan wajah. Hal tersebut sangat normal pada kondisi purging. Kamu juga tidak usah khawatir karena kondisi yang satu ini tidak akan membahayakan.


Kamu bisa memulainya dengan mencuci muka kamu dengan cleanser atau gunakan sheet mask agar mengurangi efek komedo putih. Hal yang kamu perlu perhatikan adalah jangan sampai kamu membiarkan komedo. Jadi, kamu harus terbiasa untuk berjaga - jaga atau membersihkan area tersebut.


Baca Juga : Mau Kulit Indah, Sehat, Seimbang? Yuk Konsumsi 5 Makanan Ini


Kulit Juga Terlihat Lebih Cerah

Mungkin ini bisa jadi hal positif ciri ciri purging yang dapat kamu ambil. Pasalnya ciri ciri purging mungkin akan kamu sukai. Kulit kamu akan lebih cerah, lebih bersih dan tidak terlihat kusam. Karena semua proses tersebut adalah hal baik yang bisa kamu dapatkan. 


Hal ini dikarenakan karena efek purging yang terjadi melakukan pembersihan dimana sel sel kulit kamu akan mengelupas. Kamu akan memiliki kulit yang lebih cerah dan setelah melalui efek purging tersebut kulit kamu akan lebih bersih.Jadi, kamu harus bersabar pada proses purging.

GEUT TWIN PACK REJUVENATE Overnight Retinol Care 30gr

Geut Twin Pack Rejuvenate atau produk Retinol dari Geut, dapat menimbulkan efek purging untuk kamu yang pemula atau berkulit sensitif. Pada umumnya efek purging akan terjadi minggu ke-2 dan sel kulit akan beregenerasi dengan baik dan benar pada minggu ke-3 atau ke-4, tergantung dari kesehatan kulit kamu. Namun karena produk Rejuvenate memiliki nutrisi dari jojoba oil dan marula oil, efek purging ini akan mereda dengan cepat.


Jadi yuk tunggu apalagi!!!! Untuk keterangan lebih lanjut yuk bisa klik disini!

Bagikan: