Penting! Apa Itu Retinol dan Manfaat yang Didapatkan

apa itu retinol, definisi retinol, penjelasan retinol

Penting! Apa Itu Retinol dan Manfaat yang Didapatkan

Hallo GeutPeople, pastinya kamu bertanya-tanya apa Itu Retinol? Banyak dari kita masih belum mengetahui kandungan skincare yang satu ini. Retinol dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit kamu, seperti memperlambat penuaan, menghilangkan bekas jerawat dan peremajaan kulit secara keseluruhan. 

Retinol ini berasal dari vitamin A, bahan perawatan kulit multitasking ini adalah bentuk retinoid. Retinol juga biasa digunakan sebagai salah satu bahan aktif yang ada pada skincare yang berfungsi untuk eksfoliasi kulit.

Untuk memastikan kandungan retinol yang sesuai dengan kulit, Geut menghadirkan Rejuvenate Overnight Retinol Care yang dapat membantu kamu merawat kulit agar lebih sehat secara alami.

Ingin mengetahui lebih lanjut? Yuk Baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu retinol, manfaat kulit dari retinol, dan cara memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit kamu dengan aman.

Apa Itu Retinol?

Retinol adalah sejenis retinoid atau bisa dibilang salah satu jenis obat yang berasal dari vitamin A. Retinol mencakup produk retinoid yang dijual bebas (OTC) dan obat retinoid yang diresepkan oleh dokter.


Menurut American Academy of Dermatology (AAD), retinol yang ada pada kandungan skincare hadir dalam dosis hingga 2%. Penggunaan Retinoid diatas dosis 2% biasanya memerlukan resep dokter.


Seseorang biasanya akan menggunakan retinol sebagai pengobatan topikal, yang berarti mereka dapat mengoleskannya ke kulit mereka.


Retinol ini dapat menembus lapisan kulit yang dikenal sebagai stratum korneum dan juga dapat sedikit menembus lapisan yang lebih dalam yang dikenal sebagai dermis. Retinol diubah menjadi asam retinoat di dalam tubuh.


Ketika masuk di lapisan kulit, retinol meningkatkan pergantian sel dan mencegah kerusakan kolagen serta protein yang meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini pastinya sangat baik untuk kesehatan kulit kamu loh GeutPeople.


Baca Juga : Cari Tahu Manfaat Bahan Aktif Buah Delima di dalam Skincare GEUT BY DR. T

Manfaat Retinol yang Didapatkan Untuk Wajah

Setelah mengetahui apa itu retinol, kita akan menyimak sedikit manfaat dari retinol tersebut. Yuk simak artikel ini lebih lanjut!

Menunda Penuaan

Penuaan kulit dapat terjadi karena faktor usia biologis maupun faktor eksternal, seperti:


  1. Paparan sinar ultraviolet (UV)
  2. Merokok
  3. Polusi

Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya elastisitas pada kulit serta lapisan epidermis kulit yang menahan sedikit air. 

Tanda-tanda penuaan kulit yang terlihat meliputi:

 

  1. Garis-garis halus
  2. Keriput
  3. Wajah menurun

 

Kulit yang menua karena kerusakan akibat sinar matahari juga dapat menunjukkan bintik-bintik gelap pada kulit, yang dikenal sebagai bintik-bintik penuaan.

 

Retinol dapat melindungi terhadap kerusakan kolagen, dan merangsang pergantian sel dan produksi kolagen di kulit.

 

Selain itu, retinol dapat memperkuat epidermis dan mengurangi jumlah air yang secara pasif menguap dari kulit.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Retinol membantu menjaga pori-pori tetap bersih dengan mengurangi penumpukan sel-sel kulit. Ditambah, Hal tersebut dapat menghalau peradangan atau purging pada kulit.


Namun, retinol juga dapat menjadi salah satu kandungan yang dapat menghilangkan bekas jerawat juga lho! Karena retinol ini memiliki kolagen yang dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit kamu.


Pastinya dengan penggunaan retinol yang sudah sesuai dan merata dan ditambah Reinforce Sun Barrier dapat menghilangkan bekas jerawat.

Membantu Regenerasi Kulit

Biasanya sel-sel kulit alami yang telah menua dan rusak akan digantikan pada lapisan bawahnya yang lebih sehat, segar, dan bersih.


Tapi ini terjadi lebih sedikit seiring bertambahnya usia, hal tersebut dapat menyebabkan kulit kusam. Kamu juga mulai melihat garis-garis halus dan kerutan ini dapat muncul pada usia berapa pun.


Retinol membantu mempercepat proses pergantian ini dan membuat kulit lebih cerah dan halus. Itu juga masuk lebih dalam ke kulit untuk mendorong produksi kolagen dan lebih lanjut membuat kulit lebih montok.


Nah itulah manfaat retinol yang dapat kamu ketahui. Pastinya sangat membantu kamu dalam penerapan kulit yang sesuai. Hal ini menunjukan bahwasannya kulit yang sehat dan berseri itu harus memiliki keunggulannya. Seperti penggunaan retinol ini sangat baik kamu implementasikan.


Setelah mengetahui apa itu retinol dan membahas manfaatnya yuk kita bahas aturan apa saja untuk menggunakan retinol.

Aturan Memakai Retinol

Apa itu retinol? bahwa kandungan yang satu ini dapat menjadi indikasi yang terpenting untuk perawatan kulit. Guna memaksimalkan manfaat retinol yang ada. Kamu harus lebih mengutamakan aturan pemakaian tersebut. Berikut ulasannya!

Disarankan Untuk Digunakan Pada Malam Hari

Agar retinol dapat bekerja secara optimal, kamu dapat menggunakannya pada malam hari. Zat yang terkandung didalam retinol ada zat photolabile yang sangat baik untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. 


Zat photolabile adalah zat untuk perawatan kulit namun seringkali mudah rusak karena paparan sinar matahari. Maka dari itu diusahakan kamu menggunakan kandungan yang satu ini pada malam hari.

Digunakan Pada Saat Kulit Kering

Kamu yang ingin menggunakan retinol disarankan untuk digunakan pada saat kulit kamu kering. Apabila kamu menggunakannya pada saat kulit lembab. Bisa saja kulit kamu akan mengalami iritasi.

Bila tersebut terjadi, hal yang dapat kamu lakukan adalah kamu harus lebih membiarkan waktu jeda terhadap pemakaian. Jadi, tidak asal untuk digunakan dan ditimpa pada kandungan yang lain.

Gunakan Secukupnya

Penggunaan retinol untuk pemula dapat dimulai dari konsentrasi rendah. Hal ini penting terutama bagi kamu yang baru pertama kali memakainya atau memiliki jenis kulit sensitif. Jika kulit Anda sudah terbiasa dengan penggunaan retinol selama beberapa pekan, baru tingkatkan konsentrasinya secara perlahan.


Baca Juga : Memilih Skincare Yang Tepat Saat Masa Kehamilan


REJUVENATE Overnight Retinol Care 30gr

Setelah mengetahui apa itu retinol dengan serba - serbi ulasan yang lain. Kamu juga harus mengetahui bahwa geut.id memiliki skincare Rejuvenate Overnight Retinol Care yang dapat membantu kamu meremajakan kulit kamu agar lebih muda dan sehat.

 

Dengan Kandungan Jojoba oil, Marula oil, peptide complex, Vitamin E dan F pastinya akan membuat kulit wajah kamu lebih bernutrisi dan menyehatkan.

 

Geut adalah skincare yang dibuat untuk kamu yang sadar akan perawatan kulit. Karena kulit yang sehat pastinya akan memiliki keindahan juga yang luar biasa. Geut didirikan oleh pasangan suami istri dr.Teuku Adifitrian Sp.BP-RE (Tomp)i dan dr. Arti Indira M.Gizi, Sp.GK, FINEM yang telah melakukan riset untuk memiliki kulit yang sehat dan paras yang cantik. Untuk mengetahui info lebih lanjut, kamu bisa klik link yang ada disini!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Bagikan: