Ketahui Apa Saja Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Facial Treatment

skincare, produk skincare, rekomendasi skincare

Ketahui Apa Saja Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Facial Treatment

Facial adalah salah satu treatment atau perawatan kulit wajah yang cukup populer dan banyak ditawarkan di beberapa tempat kecantikan seperti salon, klinik dan lain sebagainya. 


Sebenarnya facial ini bisa GEUTpeople lakukan sendiri di rumah lho, namun hati-hati ya karena facial ini tidak bisa dilakukan sembarangan, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat facial.


Apa Itu Facial Treatment?

Facial treatment atau perawatan wajah adalah aktivitas yang dilakukan untuk membersihkan wajah kita dari kotoran, minyak, sel-sel kulit mati dan juga komedo. 


Facial treatment ini biasanya dilakukan secara bertahap, mulai dari membersihkan wajah atau biasa disebut juga dengan cleansing, kemudian scrubbing, pemijatan, penguapan ekstraksi komedo dan pemakaian masker, tentunya semua tahapan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit dari masing-masing pasien.

Alasan Kenapa Harus Facial Treatment

Ada beberapa alasan mengapa orang melakukan facial treatment, tentu saja tujuan utamanya adalah untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit wajah. Berikut adalah beberapa alasan kenapa harus melakukan facial treatment.


Membersihkan Pori-pori Wajah

Melakukan facial dapat membersihkan pori-pori wajah dari berbagai macam kotoran dan debu yang menempel pada wajah. Selain itu dengan melakukan facial, sel-sel kulit mati serta komedo pun bisa diatasi.


Kalo GEUTpeople suka melakukan facial sendiri di rumah, coba sesekali facial di salon, klinik kecantikan atau klinik spesialis kulit, di tangan therapist yang profesional dan sudah ahli dibidangnya facial ini dapat dilakukan untuk membersihkan pori-pori secara menyeluruh.

Menghindari Cara Facial Treatment yang Kurang Tepat

Melakukan facial sendiri di rumah memungkinkan cara yang dilakukan kurang tepat, nah melakukan facial treatment di tempat-tempat khusus itu menghindari cara facial yang kurang tepat tadi. Kesalahan yang sering terjadi adalah pada saat menekan jerawat sehingga menyebabkan bekas hitam.

Mengetahui Kondisi Kulit Kita

Jika kamu melakukan facial treatment ditempat yang memang khusus dan terbiasa melakukan kita, kamu juga bisa mengetahui kondisi kulit kamu. GEUTpeople bisa mengetahui kondisi perubahan kulit kamu, karena seiring berjalannya waktu dan penambahan usia, kondisi kulit pasti akan selalu berubah-ubah.


Efek Samping Facial Treatment

Sama seperti treatment lainnya, facial juga juga berpotensi memiliki efek samping lho. Namun, efek samping yang dihasilkan dari facial ini tergolong ringan. Beberapa efek samping yang sering muncul setelah melakukan facial diantaranya, ruam kemerahan, gatal pada kulit, kulit kering, reaksi alergi, iritasi dan muncul bruntusan atau jerawat. 


Biasanya efek samping ini muncul karena kulit yang tidak cocok dengan bahan-bahan yang digunakan pada saat proses facial. Ada beberapa kasus yang berbeda, dimana seseorang bisa saja mengalami efek samping yang cukup berat, contohnya adalah kerusakan tekstur kulit. Hal ini terjadi karena proses ekstraksi jerawat atau komedo yang kurang tepat, sehingga kulit wajah mengalami lecet, luka atau bahkan bopeng.


Facial Treatment Pada Saat Berjerawat Boleh Atau Tidak?

Boleh gak sih facial pada saat kulit dengan berjerawat? Sebenarnya, facial pada saat kulit sedang berjerawat itu boleh-boleh saja, namun yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah seberapa parah jerawatnya. 


Hal yang harus diingat adalah, facial ini dilakukan bukan untuk menyembuhkan jerawat ya, tapi untuk membersihkan wajah dan mengangkat komedo. Nah kalo ternyata jerawatnya itu sedang aktif dan meradang, bahkan hingga bernanah, maka tidak disarankan untuk melakukan facial. 


Yang ditakutkan adalah facial ini nantinya malah akan berisiko memperparah peradangan jerawat. Jadi bisa diselesaikan dulu pengobatan atau perawatan jerawatnya, setelah itu selesai, baru deh bisa facial


Facial Treatment Saat Kulit Iritasi

Kemudian muncul lagi pertanyaan, boleh gak sih facial pada saat kulit sedang iritasi? Sayangnya orang-orang yang kulit wajahnya sedang mengalami iritasi, tidak disarankan untuk melakukan facial. Kalo tetap maksa untuk melakukan facial pada saat kulit sedang iritasi nanti malah akan memperburuk kondisi kulit. 


Kesimpulan

Jadi, buat GEUTpeople yang belum pernah facial atau yang sudah pernah facial intinya tetap ketahui dulu kondisi kulit kamu ya, kalo ternyata kulit kamu sedang bermasalah, sebaiknya tunda dulu untuk facial, fokus untuk menyelesaikan pengobatan atau perawatan dari masalah kulit wajah dulu, kemudian konsultasikan dengan dokter terkait baru deh bisa facial.

Bagikan: